Rabu, 20 Januari 2016

Tugas Bahasa Indonesia Bagian E

Soal Bagian E Bahasa Indonesia :

1. Tuliskan ringkasan (sinopsis) cerpen yang Anda baca dalam tiga paragraf (Jangan lupa tuliskan judul dan pengarangnya)

Jawab :

Judul cerpen : Paman Gober
Pengarang : Seno Gumira Ajidarma

Sinopsis

Cerpen ini menceritakan tentang Paman Gober, Milyader No.1, pemimpin di kota bebek. Namun Paman Gober sangat pelit bahkan pada Donal beserta keponakan-keponakannya yang selama ini banyak membantunya dalam pemikiran maupun menyumbangkan tenaganya. Paman Gober tidak pernah memperdulikan jerih payah Donal yang telah membantunya.

Dia sangat sombong, walaupun tak dapat dipungkiri bahwa Paman Gober memang pekerja keras. Masa mudanya habis di lorong-lorong gua emas. Paman Gober sangat dicintai anak-anak. Dia menjadi legenda yang disukai. Paman Gober begitu rakus dan pelit namun dia tidak dibenci. Paman Gober mempunyai banyak musuh, namun Paman Gober suka memelihara musuh-musuhnya yang tak pernah bisa mengalahkannya itu, justru untuk menunjukkan kebesarannya.

Di Kota Bebek, demokrasi berjalan tapi tidak memikirkan pimpinan, karena memang hanya ada satu pemimpin. Kota Bebek seakan-akan memiliki pemimpin abadi yaitu Paman Gober, semua bebek menunggu kematian Paman Gober.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar