Minggu, 11 Oktober 2015

E-commerce



Bukalapak.com dengan Ke Suksesannya.

Pada era zaman dimana perekonomian semakin meningkat bisnis dimana mana dimulai dariha lkecil juga bias di bisniskan. Dengan zaman sekarang yang serba canggih untuk membeli kebutuhan pribadi tidak usah bersusah payah pergiketokountukmencaribarang yang kitaperlukan. Dengan zaman yang berteknologi tinggi kini kita bisa membeli barang apapun melalui media online atau lebih dikenal dengan online shop.Sudah banyak website yang mengaplikasikan untuk pembelian barang secara online, seperti bukalapak dan masih banyak lagi.Disini saya akan menjelaskan tentang e commerce dalam bidang bisnis online bukalapak yang memasuki peringkat pertama sebagai kesuksesannya.

Bukalapak- didirikanoleh Achmad Zaky pada awal tahun 2010 sebagai divisi agensi digital bernama Suitmedia yang berbasis di Jakarta. Namun, Bukalapak baru berstatus sebagai sebuah Perseroan Terbatas (PT) pada September 2011 dan di kelola oleh manajemen yang dipimpin oleh Achmad Zaky sebagai CEO (Chief Executive Office) dan Nugroho Herucahyono sebagai CTO (Chief Technology Officer).

Pada 25 Juni 2014 Bukalapak menambahkan fitur Quick Buy, yaitu dimana pembeli tidak perlu melakukan registrasi akun terlebih dahulu ketika akan membeli barang. Ketika muncul halaman, cukup isi data pembelian dan pembeli memilih tab BeliTanpaAkun. Tahapan ini, pembeli cukup memasukkan email yang selalu aktif dan detail alamat pengiriman barang. E-mail. aktifter sebut nantinya digunakan untuk mengirim tagihan pembayaran dansebagai kontak untuk menghubungi pembeli jika terjadi kesalahan saat transaksi. Oleh karena itu untuk email diharapkan tidak salah dalam penulisannya, karena nantinya akan berpengaruh kepada verifikasi transaksi anda.

JenisProduk

Kategori jenis produk yang ada di Bukalapak meliputi: Handphone, Sepeda, Tablet, Aksesoris Gadget, Komputer, Laptop, Printer/Scanner, Media Penyimpanan Data, Fashion Wanita, Fashion Pria, Aksesoris Fashion, PeralatanElektronik, Audio & Video, Perlengkapan RumahTangga, Perlengkapan Bayi, Sampai dengan Buku ataupun Alat Musik dan lain-lain.

Proses SistemPembayaranTransaksi

Ketika calon pembeli ingin membeli sebuah barang dari penjual di Bukalapak, maka pembeli harus melakukan transfer pembayaran ke Bukalapak terlebih dahulu. Jika transfer telah berhasil, Bukalapak akan memberitahu penjual bahwa pembayaran sudah diterima oleh Bukalapak dan penjual bisa melakukan pengiriman barang yang sudah dipesan pembeli melalui pesan sms. Ketika barang tiba di pembeli, pembeli melakukan konfirmasi penerimaan barang kepada Bukalapak, dan Bukalapak akan melakukan transfer uang pembelian kepada penjual. Dengan program jaminan ini, bila pembeli tidak menerima barang sampai batas waktu tertentu, dana pembeli akan dikembalikan 100%.

Dari situs web komunitas bukalapak terdapat kunci kesuksesan bukalapak.com di bisnis e-commerce. Bukalapak.com mengaku berhasil mencetak prestasi sebagai situs bisnis online terdepan di Indonesia. Perusahaan ini menduduki posisi ke-23 di layanan penyedia data trafikdan ranking situs web Alexa untuk wilayah Indonesia.

AchmadZaky, CEO Bukalapak.com tak segan membuka rahasia kesuksesan teranyar yang diraih perusahaannya.

Bukalapak sendiri berusaha mengamankan transaksi yang terjadi antara penjual dan pembeli dengan sistem money escrow yang di sediakannya. Sistem pembayaran layaknya rekening bersama ini jadi salah satu jaminan keamanan transaksi di Bukalapak.

Saatini, Bukalapak.com mengaku telah menyediakan lebih dari 1,25 jutaproduk dengan penambahan 80 ribu produk setiap harinya. Jumlah pedagang yang ada di situs bisnis online ini mencapai 140 ribudan nilai transaksinya tiapbulan sekitarRp 20 miliar.

Bagi anda yang menggunakan bukalapak maupun yang lainnya semoga di era perekonomian sekarang ini bisa bermanfaat dan berkembang terus, salam sukses!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar