Bukalapak.com dengan Ke Suksesannya.
Pada era zaman dimana perekonomian semakin meningkat bisnis
dimana mana dimulai dariha lkecil juga bias di bisniskan. Dengan zaman sekarang
yang serba canggih untuk membeli kebutuhan pribadi tidak usah bersusah payah
pergiketokountukmencaribarang yang kitaperlukan. Dengan zaman yang berteknologi
tinggi kini kita bisa membeli barang apapun melalui media online atau lebih
dikenal dengan online shop.Sudah banyak website yang mengaplikasikan untuk
pembelian barang secara online, seperti bukalapak dan masih banyak lagi.Disini
saya akan menjelaskan tentang e commerce dalam bidang bisnis online bukalapak
yang memasuki peringkat pertama sebagai kesuksesannya.
Bukalapak- didirikanoleh Achmad Zaky pada awal tahun 2010
sebagai divisi agensi digital bernama Suitmedia yang berbasis di Jakarta.
Namun, Bukalapak baru berstatus sebagai sebuah Perseroan Terbatas (PT) pada
September 2011 dan di kelola oleh manajemen yang dipimpin oleh Achmad Zaky
sebagai CEO (Chief Executive Office) dan Nugroho Herucahyono sebagai CTO (Chief
Technology Officer).
Pada 25 Juni 2014 Bukalapak menambahkan fitur Quick Buy,
yaitu dimana pembeli tidak perlu melakukan registrasi akun terlebih dahulu
ketika akan membeli barang. Ketika muncul halaman, cukup isi data pembelian dan
pembeli memilih tab BeliTanpaAkun. Tahapan ini, pembeli cukup memasukkan email
yang selalu aktif dan detail alamat pengiriman barang. E-mail. aktifter sebut
nantinya digunakan untuk mengirim tagihan pembayaran dansebagai kontak untuk
menghubungi pembeli jika terjadi kesalahan saat transaksi. Oleh karena itu untuk
email diharapkan tidak salah dalam penulisannya, karena nantinya akan
berpengaruh kepada verifikasi transaksi anda.
JenisProduk
Kategori jenis produk yang ada di Bukalapak meliputi:
Handphone, Sepeda, Tablet, Aksesoris Gadget, Komputer, Laptop, Printer/Scanner,
Media Penyimpanan Data, Fashion Wanita, Fashion Pria, Aksesoris Fashion,
PeralatanElektronik, Audio & Video, Perlengkapan RumahTangga, Perlengkapan
Bayi, Sampai dengan Buku ataupun Alat Musik dan lain-lain.
Proses SistemPembayaranTransaksi
Ketika calon pembeli ingin membeli sebuah barang dari
penjual di Bukalapak, maka pembeli harus melakukan transfer pembayaran ke
Bukalapak terlebih dahulu. Jika transfer telah berhasil, Bukalapak akan
memberitahu penjual bahwa pembayaran sudah diterima oleh Bukalapak dan penjual
bisa melakukan pengiriman barang yang sudah dipesan pembeli melalui pesan sms.
Ketika barang tiba di pembeli, pembeli melakukan konfirmasi penerimaan barang
kepada Bukalapak, dan Bukalapak akan melakukan transfer uang pembelian kepada penjual.
Dengan program jaminan ini, bila pembeli tidak menerima barang sampai batas
waktu tertentu, dana pembeli akan dikembalikan 100%.
Dari situs web komunitas bukalapak terdapat kunci kesuksesan
bukalapak.com di bisnis e-commerce. Bukalapak.com mengaku berhasil mencetak
prestasi sebagai situs bisnis online terdepan di Indonesia. Perusahaan ini
menduduki posisi ke-23 di layanan penyedia data trafikdan ranking situs web
Alexa untuk wilayah Indonesia.
AchmadZaky, CEO Bukalapak.com tak segan membuka rahasia
kesuksesan teranyar yang diraih perusahaannya.
Bukalapak sendiri berusaha mengamankan transaksi yang
terjadi antara penjual dan pembeli dengan sistem money escrow yang di
sediakannya. Sistem pembayaran layaknya rekening bersama ini jadi salah satu
jaminan keamanan transaksi di Bukalapak.
Saatini, Bukalapak.com mengaku telah menyediakan lebih dari
1,25 jutaproduk dengan penambahan 80 ribu produk setiap harinya. Jumlah
pedagang yang ada di situs bisnis online ini mencapai 140 ribudan nilai
transaksinya tiapbulan sekitarRp 20 miliar.
Bagi anda yang menggunakan bukalapak maupun yang lainnya
semoga di era perekonomian sekarang ini bisa bermanfaat dan berkembang terus,
salam sukses!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar