Minggu, 11 Oktober 2015

Sejarah Perkembangan Sistem Operasi Android




“Lollipop”



Di sini saya akan membahas tentang perkembangan system android yang baru saja di aplikasikan yaitu “lollipop”. Ke unikan dari system android yaitu setiap program nya menamai jenis makanan dan berbeda dari fitur system yang lain. Perlu anda ketehaui sebelum program lollipop ada beberapa program android seperti :


·         Android Astro sistem operasi ini pertama kali diperkenalkan pada 23 September 2008. Nama Astro kemudian dihilangkan karena masalah hak cipta.



·         Android Bneder  merupakan versi update yang dirilis pada 9 Februari 2009; nama Bender kemudian juga dihilangkan karena masalah hak cipta. Ponsel T-Mobile G1 merupakan perangkat yang menggunakan sistem operasi ini.



·         Android Cupcake merupakan versi selanjutnya dari sistem operasi Android; ini merupakan awal dari era penamaan sistem operasi Android dengan menggunakan nama dessert atau makanan pencuci mulut. Sebagai versi resmi yang ketiga; dipilih nama Cupcake yang menggunakan abjad awalan C. Sistem operasi Android ini dibuat berdasarkan kernel Linux 2.6.27 dan pertama kali dirilis pada 30 April 2009.



·         Android Donut dirilis pada 15 September 2009; fitur pencarian ditambahkan pada update sistem operasi ini serta desain interface yang lebih mudah dipahami. Versi ini juga merupakan sistem operasi Android pertama yang dapat dikombinasikan dengan teknologi CDMA/EVDO, 802.1x, VPNs dan juga layar WVGA.



·         Android Éclair pertama kali dirilis pada 9 Desember 2009; terdapat peningkatan pada optimasi perangkat keras serta adanya Google Maps 3.1.2 serta penambahan browser dengan basis HTML5. Fitur lampu kilat untuk kamera hingga 3,2 MP serta digital zoom dan juga koneksi Bluetooth 2.1 telah ditambahkan pada versi ini.



·         Android Froyo dirilis pada tanggal 20 Mei 2012 dan terpasang pada smartphone Google Nexus One. Versi ini dapat menjalankan aplikasi Adobe Flash Player 10.1 serta menyertakan kemampuan menggunakan kartu memori SD untuk menyimpan aplikasi.



·         Android Gingerbread pertama kali dirilis pada 6 Desember 2010; perkembangan pesat terjadi pada update kali ini dengan optimasi kemampuan aplikasi serta game serta disertakannya Near Field Communication. Dukungan untuk penggunaan layar WXVGA .



·         Android Honeycomb Honeycomb dirilis untuk pertama kali pada 22 Februari 2011; sistem operasi Android ini pertama kali dipasang pada Motorola Xoom. Tidak seperti sistem operasi Android yang sebelumnya; Android 3.x Honeycomb dikembangkan secara khusus untuk melakukan optimasi fungsi dan aplikasi pada PC tablet.



·         Android Ice Cream Sandwitch merupakan generasi Android selanjutnya; sistem operasi Android ini pertama kali diperkenalkan pada 19 Oktober 2011. Sistem operasi ini dikembangkan untuk menjadi versi update dari sistem operasi Android sebelumnya; secara teori semua perangkat telepon seluler yang menggunakan Android Gingerbread dapat diupgrade menjadi menggunakan sistem operasi Android Ice Cream Sandwich.



·         Android Jelly Bean pertama kali dirilis pada 24 Juli 2013 dan pertama kali dipasang pada tablet Nexus 7; versi update dengan perbaikan pada beberapa bug kemudian dirilis pada 22 Agustus.



·         Android KitKat pertama kali dirilis pada 3 September 2013; sebelumnya sistem operasi Android ini diberi nama Key Lime Pie dan kemudian diubah karena nama tersebut kurang populer. Sistem operasi ini sempat dikabarkan menjadi Android versi 5.0 namun ternyata hanya menggunakan nama baru KitKat; sistem operasi Android ini pertama kali digunakan pada Nexus 5.



·         Android Lollipop pertama kali dirilis pada 25 Juni 2014; sebelumnya sistem operasi ini diperkenalkan dengan kode Android L. Update penggunaan sistem operasi Android dari versi sebelumnya ke versi 5.0 pertama kali dibuka pada 12 November 2014. Interface baru digunakan serta beberapa perbaikan pada akses notifikasi yang lebih mudah. Perjalanan yang cukup panjang untuk sebuah Operating System. Tentu perkembangannya tidak akan berhenti sampai Android 5.0 Lollipop, mengingat OS android sedang naik daun sekarang ini. Mungkinkah Versi selanjutnya akan menggunakan nama makanan penutup atau jajanan dari Indonesia seperti Android Lemper?.semoga kedepannya android terus berkembang dengan nama yang unik pasti laris dipasaran.



Setelah membahas perkembangan system android dari tahun ke tahun dengan berbagai nama yang unik. Saya akan melanjutkan untuk membahas pada system program android lollipop dengan fitur kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan OS Android Lollipop - Keberadaan OS Android memang saat ini sudah menjadi trend baru di industri smartphone, hal ini tak lepas dari keunikan dan kelebihan yang banyak di miliki dari OS tersebut. Sampai sekarang pun tak hanya sekedar ponsel saja yang mampu memiliki OS Android ini, tablet, televisi dan juga perangkar wearlabel atau smartwatch juga sudah banyak yang menggunkan OS Android yang satu ini.

Dan baru-baru ini raja internet terbesar Google terlah mengumumkan OS Android teranyarnya yng di beri label android L yang memiliki kepanjangan Android Lollipop. Namun untuk mengenal lebih jauh tentang Kelebihan OS Android Lollipop yang satu ini, mungkin anda harus mengerti dahulu riwayat kehadiran OS ini.

Namun setelah secara resmi di rilis pada bulan Juni yang lalu Google secara Resmi memberikan kepanjangan dari L pada OS terbarunya ini sebagai Lollipop. Dan tak banyak yang tahu bahwa ternyata Kelebihan OS Android Lollipop yang satu ini sangatlah banyak jika kita bandingkan dengan OS android versi sebelumnya. Nah untu itu di kesempatan kali ini kami akan memberikan penelasan seperti apa kelebihan os android loliipop 5.0 yang satu ini.


1.              User Interface

Android merupakan sebuah perangkat ponsel yang memiliki user interface atau tampilan tatap muka yang sangat menarik dan berbeda dari semua smartphone yang ada saat ini yang jauh akan membuat para penggunanya lebih senang dalam mengoperasikan ponsel androdi ini. Dan salah satu hal yang paling terlihat dari OS Android Lillipop yang satu ini adalah tampilan tatap mukanya.

Di mana pada operating system terbaru ini google mendesain secara khusus android lollipop ini dengan mengusung konsep material design yang merupakan sebuah konsep yang terinspirasi dari tampilan flast dan minmalis sebuah kertas dan tinta yang di tambah dengan animasi baru yang membuat tampilan andrid versi ini akan lebih modern yang tentunya selalu mengikuti perkembangan teknologi masa kini.

2.              Fitur ART Runtime

Perubahan lain yang mungkin tak kasat mata oleh pengguna adalah fitur ART Runtime yang sudah menggantikan Dalvik yang sudah di gunakan pada os android versi sebelumnya. Dan bagi anda yang mungkin belum mengerti akan perbedaan dalvik dan art runtime akan saya jelaskan di bawah ini.

Dalvik sendiri merupakan sebuah fitur yang terdapat pada os android versi sebelumnya yang memiliki konsel just-in-time dengan menggunakan kode aplikasi yang di kompilasi ketika sedang di jalankan. Sebaliknya ART Runtime merupakan konsep Ahead-Of-Time di mana proses kompilasi kode aplikasi yang dilakukan adalah ketika proses instalasi apliasi tersebut.

Namun itu semua membuat proses instalasi sebuah aplikasi akan lebih memakan waktu lama dan juga akan memakan space atau kapasitas memory yang cukup besar. Namun semua itu akan membuat kinerja apliaksi tersebut sedikit lebih performa dan sangat mempuni.

3.              Projek Volta

Ketiga, kelebihan os android lollipop yang satu ini dalah terdapat apda projek volta yang sudah di tanamkan pada os yang satu ini, di mana dengan memiliki fitur projek volta ini android lollipop 5.0 ini mampu memnghemat dayat tahan baterai sampai kurang lebih 30 % jika di bandingkan dengan OS Android lainnya yang sudah anda cicipi pastinya.

Dengan demikain setalah di rilisnya os android lollipop ini Google sediri mampu menjawab desas-desus yang mengatakan bahwa ponsel android memang memiliki kebutuhan akan sebuah konsumsi baterai yang terlalu boros saat di gunakan.


4.              Mendukung Arsitektur 64 bit

Dengan di rilisnya OS Android lolliop yang di klaim banyak memiliki kelebihan google juga menyematkan fitur yang mendukung arsitektur 64 bit pada os terbaru nya ini.

Dan dengan adanya kelebihan os androdi lollipop yang satu ini, sekarang perangkat smartphone android sudah bisa memiliki RAM berkapasitas 4 GB yang tentu saja akan membuat kinerja ponsel tersebut akan semakin mempuni. Namun sebelum adanya fitur ini perangkan android hanya metok di RAM berkapasitas 3 GB saja.


5.              Keamanan

Android Lollipop 5.0 sendiri di hadirkan dengan menggunakan enkripsi secara otomatis yang akan membantu melindungi dataa-data penting pada ponsel anda jika terjadi sesuatu yang tidak di inginkan atau hilang. Dengan berjalannya SE Linux pada semua aplikasi yang ada, berarti perlindungan yang lebih baik akan keamanan dan juga ketahanan terhadap malware jugaakan lebih baik.
  

6.              Adanya 15 Bahasa Baru

Dalam sebuah android bahasa mamang merupakan sbeuah kunci utama dalam kita dapat menjalankan ponsel berbasis android agar bisa menggunakan ponselkita secara merata. Dan kelebihan os android lollipop yang baru ini adalah tersdianya 15 bahasa baru yang bisa anda nikmati .

Dan ke15 bahasa tersebut adalah Bahasa Basque, Bengali, Burma, China (Hong Kong), Galicia, Islandia, Kannada, Kyrgyz, Macedonia, Malayalam, Marathi, Nepal, Sinhala, Tamil dan Telugu. Seingga total bahasa yang di miliki OS Android Lollipop 5.0 ini menjadi 68 Bahasa.



7.              Hemat Baterai

Baterai memang menjadi masalah utama perangkat smartphone saat ini.
Semakin banyak fitur yang ditawarkan, semakin banyak pula daya yang
dibutuhkan untuk perangkat tersebut. Android Lollipop disebut-sebut
mampu menjadi solusi bagi masalah borosnya daya baterai di perangkat
Android.


8.              Tampilan Menarik

Yang menjadi andalan dari Android 5.0 Lollipop karena memiliki tampilan yang lebih memukau dari pendahulunya Android – 4.4 KitKat.



Kekurangan OS Android Lollipop - Untuk kekurangannya menurut kami hanya sedikit sekali, misalnya dengan adanya penggantian default Gallery menjadi Photos untuk membuka semua foto serta video anda. Menurut kami fitur yang terdapat pada Gallery sudah cukup bagus dan sangat simpel dan lancar, serta pengelompokan kategori foto dan video juga lebih terorganisir, sedangkan pada photos tidak demikian. Namun anda tidak perlu khawatir, jika anda juga tetap ingin menggunakan Gallery yang lama, anda bisa menginstallnya secara manual melalui gallery.apk yang bisa anda dapatkan dari device anda yang lain yang belum anda upgrade menjadi Lollipop.

Selain itu, hanya masalah kompatibilitas aplikasi, dimana untuk masalah kompatibilitas ini biasanya  kedepannya pasti akan diperbaiki baik oleh patch Android maupun update dari aplikasi itu sendiri, untuk menyesuaikan versi android yang terbaru. Lalu, selain seri Nexus dan Android One, belum semua perangkat android dapat menikmati atau di-update ke Android Lollipop, karena masih harus menunggu update dari vendor masing-masing.

Setelah saya membahas tentang perkembangan system operasi android dari tahun ketahun dan menjelas tetang system operasi android yang baru yaitu Lollipop dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Semoga bisa bermanfaat bagi para android user.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar